Prodi BPI Kembali Mengirim Petugas Tarawih Ramadhan 1444H Ke LPKA Kelas 1 Palembang

Palembang - Pada bulan suci Ramadhan 1444H tepatnya 30 Maret 2023. Program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang kembali mengirim petugas Tarawih ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Petugas yang dikirim tahun ini berjumlah 15 mahasiswa yang semuanya merupakan mahasiswa program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam. 15 mahasiswa tersebut akan ditugaskan sebagai Imam shalat Isya dan Tarawih serta sebagai penceramah Kultum menjelang shalat Tarawih. Mahasiswa tersebut bergantian menjadi petugas Tarawih sesuai dengan jadwal yang telah disusun dan disepakati dengan pihak LPKA. Menurut Ketua Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Manah Rasmanah, M.Si. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program pengabdian masyarakat khususnya dibulan Ramadan 1444H. Kegiatan lainnya adalah Safari Ramadhan ke-17 masjid di kota Palembang yang telah dilepas secara resmi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Bapak Dr. Achmad Syarifudin, M.A pada hari Selasa Tanggal 28 Maret 2023 di halaman Gedung A Fakultas Dakwah. Rangkaian  kegiatan lainnya adalah Pesantren Kilat untuk warga binaan di LPKA Kelas 1 Palembang.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa, kegiatan pengiriman petugas Tarawih dan Pesantren Kilat di LPKA merupkan implementasi Kerjasama antara program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang. Beberapa waktu sebelumnya pihak LPKA telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi terkait program Ramadan 1444H, baik petugas Tarawih maupun kegiatan lainnya.

Kegiatan-kegiatan dalam program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi pengalaman yang baik agar para mahasiswa memiliki keterampilan sebagai penyuluh maupun konselor sosial keagamaan sebagai mana profil lulusan yang hendak di capai oleh program studi BPI. Selain itu, Program studi BPI dapat menebar nilai-nilai kebaikan yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Tags :  

Komentar

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.