Perkuat Kemampuan Metodologi Penelitian, Prodi BPI Menggelar Bimtek Aplikasi Statistik

PALEMBANG - Penguasaan dalam metodologi penelitian baik konsep maupun keterampilan dalam menggunakan tools Analisa Data menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh para mahasiswa. Hal ini di karenakan mahasiswa sebagai civitas akademika dan kampus adalah entitas yang menjadi episentrum pengembangun ilmu pengetahuan dan teknologi. Keterampilan menggunakan aplikasi Analisa data dapat membantu mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir (skripsi) maupun aktifitas ilmiah lainnya. Pelatihan ini juga dalam rangka menghindari berbagai kecurangan dan plagiasi yang bertentangan dengan Permendiknas No. 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Untuk meningkatkan kapasitas para mahasiswa tersebut, Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Statistik.

Bimbingan Teknis Aplikasi Statistik dilaksanakan di gedung Laboratorium Kampus B UIN Raden Fatah Palembang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 09-10 Juni 2022. Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka secara resmi oleh Dr. Eni Murdiati, M.Hum selaku Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Dalam pernyataannya beliau berharap seluruh mahasiswa prodi BPI dapat mengikuti Bimbingan Teknis dengan serius agar nantinya output dari Bimbingan Teknis ini dapat bermanfaat khususnya nanti dalam menyusun skripsi.

Dalam acara pembukaan tersebut juga hadir ketua Program Studi BPI Manah Rasmanah, M.Si menyatakan bahwa Bimbingan Teknis ini bertujuan mengembangkan wawasan dan keterampilan mahasiswa tentang statistika, khususnya tentang aplikasi statstik dan bagaimana mempraktekannya. Lebih lanjut ketua Program Studi BPI menghaturkan terima kasih kepada narasumber bapak Ruliansyah, ST, M.Kom dan Arizona, M.Pd. atas kesediaan berbagi pengetahuan dan apresiasi kepada peserta kegiatan Bimbingan Teknis atas partisipasinya. Bimtek aplikasi statistic ini juga dihadiri dan diikuti oleh beberapa dosen Prodi BPI.

Ruliansyah, ST, M.Kom menyatakan Bimbingan Teknis Aplikasi Statistik yang diselenggarakan dua hari ini mahasiswa akan berpraktik secara langsung, agar nantinya mahasiswa dapat langsung menerapkan Ketika melakukan penelitian. “Tentu ini sangat bermanfaat bagi mereka, karena Bimbingan Teknis ini bukan hanya sekadar teori, tapi mereka akan lansung berpraktik” ucapnya. (Bela Janare Putra)

Tags :  

Komentar

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.