PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM (BPI) UIN RADEN FATAH TERJUNKAN 15 ORANG PETUGAS TARAWIH

Palembang, 8 April 2022. Pada bulan suci Ramadhan tahun ini, program studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, menyelenggarakan berbagai program menyemarakkan syi’ar Ramadhan. Diantaranya “BPI Mengabdi”. Bentuk kegiatannya adalah mengirimkan mahasiswa untuk menjadi imam Tarawih dan kultum di LPKA Kelas 1 Pakjo Palembang, dan Bimbingan Alqur’an  bagi anak-anak dan remaja di beberapa panti asuhan di kota Palembang.

Menurut Ketua Prodi BPI, Ibu Manah Rasmanah, M.Si. Kegiatan “BPI Mengabdi” adalah salah satu program pengabdian masyarakat yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Khusus bulan Ramadhan tahun ini program studi BPI, menerjunkan 15 orang mahasiswa untuk bertugas sebagai imam tarawih dan kultum di LPKA Kelas I Pakjo Palembang, ditambah lagi dengan mengirim mahasiswa magang selama bulan Ramadhan sebanyak  21 orang di Lembaga tersebut. Dijelaskan lebih lanjut oleh Ka. Prodi BPI, bahwa kegiantan “BPI Mengabdi” ini sebagai salah satu implementasi dari perjanjian Kerjasama dengan mitra khususnya LPKA kelas I Pakjo Palembang.

Adapun kegiatan Bimbingan Alqur’an bagi anak-anak dan remaja di berbagai panti asuhan yang tersebar di Kota Palembang dilakukan selama bulan Ramadhan, kegiatan ini di koordinir oleh Himpunan Mahasiswa Progam Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (HMPS BPI). Menurut ketua HMPS BPI, Akbar Renaldi, Kegiatan bimbingan al-Qur’an bagi anak-anak dan remaja di panti asuhan merupakan salah satu bentuk kepedulian kami atas anak-anak panti asuhan

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengalaman yang baik agar para mahasiswa memiliki keterampilan sebagai penyuluh maupun konselor social keagamaan sebagai mana profil lulusan yang hendak di capai oleh program studi BPI. Selain itu, Program studi BPI dapat menebar nilai-nilai kebaikan yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, sekaligus sebagai bentuk sosialisasi program studi BPI  agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sehingga jumlah mahasiswa khususnya di Prodi Bimbingan Penyuluhan Islan mengalami peningkatan dan banyak membawa berkah dari tahun ke tahun.

Tags :  

Komentar

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.